Produk Buah Tangan Batu Pameran di Budapest Hungaria

Di post pada Sep 07 2024, oleh Buah Tangan
Produk Buah Tangan Batu Pameran di Budapest Hungaria

Jargon ‘Batu Go Internasional’ terus dikumandangkan. Salah satunya dengan memperkenalkan Kota Batu melalui produk keripik buah, di ajang pameran produk Indonesia, Sirha Budapest 2022 di Hungaria, 22-24 Maret 2022 lalu. Pameran ini langsung difasilitasi oleh Kementerian Perdagangan (Kemendag) RI, melalui Indonesian Trade Promotion Center (ITPC,).

Peserta Sirha Budapest 2022 dari Buah Tangan Kota Batu, Tamsil Ainur Rizal mengatakan, event ini adalah pameran gastronomi makanan minuman dan produk hotel, restoran serta catering. Indonesia menjadi salah satu peserta dari negara Asia yang yang turut dalam kegiatan, yang digelar di Hungexpo, Hungaria.

“Alhamdulillah kita dari Batu ikut serta memperkenalkan kota Batu melalui produk unggulannya yaitu keripik buah,” serunya.

Rizal panggilan akrabnya juga mengungkapkan, produk Kota Batu, masuk dalam kategori produk ‘fast moving consumer goods’ atau barang konsumen bergerak cepat. Peserta dari Indonesia untuk kategori tersebut, adalah PT Buah tangan dan PT Mayora indah Tbk. Lainnya, adalah perusahaan yang bergerak di bidang kopi dan makanan lainnya.

“Kalau kita masuk dalam kategori produk yang bisa terjual cepat dengan harga yang relatif murah,” ungkapnya.

Beberapa produk yang diperkenalkan dari kota Batu, adalah produk keripik apel, keripik nangka, keripik tempe, dan keripik pisang berbalut coklat. Meskipun diakui tidak 100 persen semua bahan baku dari kota Batu. Tetapi Rizal berniat untuk memperkenalkan Batu sebagai Kota Agropolitan dengan pertanian yang subur.

Agar diterima oleh masyarakat Eropa, proses produksi mulai dari pemilihan bahan baku hingga pengemasan, sengaja dibuat berkualitas premium.

“Orang luar negeri itu inginnya mengkonsumsi makanan ringan yang sehat, jadi pasti mereka menanyakan detail tentang proses pembuatannya. Itu kita tampilkan melalui video profil yang sekaligus mengangkat nama kota Batu,” cetusnya.

Rizal juga berharap, dari event yang sudah berlangsung ini akan memberikan dampak positif dengan peluang perdagangan di luar negeri. Selama pameran berlangsung, juga dilaksanakan pertemuan antar pelaku bisnis Indonesia dan luar negeri dalam bentuk acara ‘B to B meeting’.

Selain itu diharapkan melalui event ini akan menarik wisatawan mancanegara ke Kota Batu.

“Kami tidak hanya fokus memamerkan produk kami, tapi lewat video yang kami putar di sana, juga ada tentang profil kota wisata Batu,” tuturnya.

Saat ditanya tentang respon pengunjung, Rizal mengaku antusiasnya bagus dan sangat terkesan. Ini terlihat dari enjoynya pengunjung di stand Buah Tangan Kota Batu. Untuk menarik perhatian, stand sengaja dibuat semenarik mungkin, dengan menyiapkan tester produk makanan ringan.

“Setelah mencicipi keripik yang kami siapkan untuk tester, mereka sangat antusias untuk bertanya seputar produk. Mereka juga bertanya, ini dibuatnya dimana. Disitulah kesempatan kami sekaligus memperkenalkan kota Batu,” imbuhnya.

Pengusaha muda Batu ini juga membeberkan, dengan antusiasme buyer dari luar negeri yang cukup tinggi, terbuka kesempatan untuk ekspor ke berbagai negara.

“Beberapa melakukan kontrak kerja sama dengan kami untuk ekspor ke sana,” pungkasnya.